SMESCO Sepi Pengunjung, Pedagang UKM Hanya Andalkan Akhir Pekan

Jakarta -Perdagangan produk UKM di gedung Small Medium Enterprise Cooperative (SMESCO) di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta sepi pengunjung pada hari kerja. Gedung ini dibangun pemerintah sebagai sarana promosi produk UKM.

Para penjual produk UKM seperti produk kerajinan, batik, ukiran, gantungan kunci, lukisan, kebaya, patung hiasan dan lain-lain hanya bisa mengandalkan kunjungan khusus dan tamu-tamu dalam acara tertentu yang biasanya terjadi pada akhir pekan.


Gedung untuk memfasilitas produk UKM ini tak hanya tersedia tempat galeri pameran UKM saja. Di beberapa lantai gedung, terdapat sejumlah perkantoran seperti agen perjalanan, lembaga pemerintah yaitu Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Selain itu, tamu-tamu dari perkantoran yang kadang menjadi pembeli produk UKM di gedung ini.


Menurut pengakuan seorang penjaga pameran yang enggan disebutkan namanya, menurutnya hari-hari biasa atau jam kerja pengunjung pameran di SMESCO sepi.


Pada hari libur, biasanya pameran produk UKM di SMESCO ramai karena kedatangan tamu pernikahan yang singgah ke booth-booth mereka. Pasalnya, di lantai 4 gedung ini, pengelola menyewakan gedung untuk acara pernikahan.


"Kalau Sabtu-Minggu ramai, kan ada wedding, mampir ke sini. Juga kalau ada kunjungan turis-turis atau kunjungan khusus lainnya," kata penjaga produk UKM tersebut di lokasi pameran, Jumat (27/3/2015).


Acara-acara khusus yang berlangsung setiap pekan menjadi tumpuan pasar para pedagang UKM di pameran yang berlangsung setiap hari ini. Saat hari kerja, mereka mengandalkan pasar dari tamu-tamu perkantoran dan kunjungan khusus. Selain itu juga di kompleks gedung ini sering diadakan pameran lain seperti job fair.Next


(zul/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com