Dorong Anaknya Jadi Pengusaha, CT Tak Pernah Kasih Modal Uang

Jakarta -Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian sekaligus pengusaha nasional, Chairul Tanjung ingin anaknya sukses menjadi seorang pengusaha. Namun, ia tidak pernah memberikan modal dana ke putrinya agar bisa sukses seperti dirinya.

"Saya nggak pernah takut dia ditipu karena dia nggak pernah saya kasih duit.Dia dapat duit bikin acara-acara dari sponsor, dari jual tiket. Dari situ dia dapat uang. Tidak pernah serupiah pun saya berikan dia uang, sehingga saya nggak takut dia ditipu," ungkap pria yang aktab disapa CT, di acara CreativePreneur Corner 2015, di The Hall Senayan City, Jakarta, Sabtu (28/3/2015).


Bahkan, CT mengungkapkan, acara CreativePreneur Corner 2015 yang dihadiri 1.300 anak muda calon wirausahawan muda di industri kreatif, diselenggarakan oleh CreativePreneur Event Creator yang dimotori oleh anaknya sendiri yakni Putri Tanjung atau yang akrab disapa Uti.


"Tentu saya senang punya anak yang kreatif, sehingga mampu memberi inspirasi untuk orang lain. Karena menurut saya, orang yang sukses itu semakin banyak ia bermanfaat untuk orang lain, maka dia sukses lebih besar," sambung CT.


Meski masih begitu belia dalam memulai usaha, CT mengaku percaya anaknya ini bisa menjalankan usaha dengan baik.


Ia mengakui, masih banyak orang yang khawatir memulai usaha, lantaran merasa dirinya tidak berbakat untuk menjadi seorang wirausahawan. Padahal tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena jiwa wirausaha menurutnya bisa diciptakan.


"Saya adalah entrepreneur yang diciptakan. Diciptakan oleh keadaan. Jadi kalau ada yang bertanya apakah entrepreneur itu dilahirkan atau diciptakan? Menurut saya bisa keduanya," tutur pemilik CT Corp ini.


Untuk membangkitkan jiwa wirausaha, menurutnya, seseorang harus mendekati sumber-sumber inspirasi wirausaha untuk memperkuat motivasinya.


"Kan nggak semua orang tua adalah entrepreneur. Kebanyakan di Indonesia malah bukan. Makanya enterpreneur harus diciptakan. Dengan acara ini (CreativePreneur Corner) sebenarnya bagus untuk menciptakan dan menyebarkan virus-virus entrepreneur," tutup CT.


(dna/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com