Belajar Wujudkan Mimpi Jadi Pengusaha Sukses ala Ridwan Kamil

Jakarta -Sebuah mimpi menjadi wirausahawan sukses tidak akan terwujud, bila seseorang tidak dibarenginya dengan langkah nyata. Demikian disampaikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil‎ dalam acara CreativePreneur Corner 2015.

‎"Untuk jadi entrepreneur harus latihan juga. Nggak bisa hanya modal melamun dan bermimpi saja, harus latihan jatuh bangun juga," kata dia, dalam acara yang digelar di The Hall Senayan City, Jakarta, Sabtu (28/3/2015).


Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, agar bisa diwujudkan sebuah mimpi harus diubah menjadi visi.‎ "Bedanya mimpi dengan visi. Mimpi itu nggak punya kaki kalau visi itu mimpi yang dikasih kaki sehingga bisa jadi nyata," sambungnya.


Untuk bisa mengubah mimpi menjadi visi, ia menganjurkan agar calon-calon pengusaha ini bisa memilih lingkungan bergaul yang tepat.


"‎Kalau mau jadi orang baik bergaul dengan orang baik-baik. Kalau ingin jadi orang kreatif, ya kumpul dengan orang kratif. Datang ke tempat-tempat unik. Dengan begitu kita terbuka wawasan dan terinspirasi makanya kita bisa jadi orang kreatif juga," paparnya.


Dengan banyak bergaul di lingkungan yang‎ tepat maka, akan lebih mudah dalam memperoleh gagasan berwirausaha serta lebih mudah dalam menyusun berbagai strategi agar gagasan itu bisa terwujud.


‎"Gagasan adalah akumulasi dari apa yang kita lihat. Seperti kamera yang merekam semua hal, lalu kita lihat lagi ketika kita butuhkan. Itu lah sumber kreativitas. Sumber gagasan kita dalam menyusun mimpi bisa terwujud," pungkas dia.


(dna/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com