Pesan CT ke Pemerintahan Jokowi: Permudah Izin Usaha

Jakarta -Mantan Menko Perekonomian yang juga pengusaha nasional Chairul Tanjung mengungkapkan, dunia usaha di Indonesia masih sulit berkembang. Salah satu hambatannya rumitnya perizinan usaha. Untuk itu ia berharap pemerintahan Presiden Jokowi, bisa mempermudah proses perizinan.

"Kalau ditanya, sudahkah cukup berpihak ‎kah Pemerintah kepada dunia usaha? Saya bilang belum cukup. Masih ada hal-hal yang harus dipenuhi," tutur pria yang akrab disapa CT ini di dalam acara CreativePreneur Corner 2015 yang diselenggarakan CreativePreneur Event, di The Hall Senayan City, Sabtu (28/3/2015).


Dari sekian banyak hal yang harus diperbaiki, menurut CT adalah permasalah izin yang paling mendesak untuk diselesaikan pemerintah saat ini. Apalagi izin untuk usaha kecil.


"Dulu waktu saya kebetulan jadi Menko. Saya menginisiasi yaitu izin satu lembar untuk usaha kecil. Nggak usah pakai notaris, nggak perlu NPWP, cukup izin itu saja dari kelurahan sudah sah. Orang itu jadi wirausaha bisa dapat fasilitas pinjaman bank untuk usaha dan lain-lain. Itu yang saya titip ke Pak Menko Sofyan Djalil," tutur dia.


CT menambahkan, permasalahan izin ini yang selama ini menyebabkan dunia usaha di tanah air sulit berkembang. Untuk itu ia meminta, agar pemerintah saat ini bisa lebih memperhatikan masalah perizinan usaha ini.


"Yang menggantikan saya kan‎ ada dua yakni Menko Maritim dan Menko Perekonomian. Jadi saya pesan supaya inisiasi ini bisa dilanjutkan, agar masyarakat kita makin mudah memulai usaha," pungkas dia.


(dna/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com