Harga Bensin Premium di Jawa-Madura-Bali Naik Jadi Rp 7.400/Liter

Jakarta -Pemerintah menaikkan harga BBM jenis premium jadi Rp 7.300/liter yang berlaku di luar Jawa-Madura-Bali mulai Sabtu (28/3/2015) pukul 00.00 WIB. Sedangkan harga BBM premium di Jawa-Madura-Bali lebih mahal Rp 100/liter, jadi Rp 7.400/liter.

"Harga premium di Jawa-Bali yang ditetapkan Pertamina hanya selisih Rp 100/liter dari luar Jawa-Madura-Bali, artinya BBM premium jadi Rp 7.400/liter," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang kepada detikFinance, Jumat (27/3/2015).


Sebelumnya harga BBM premium di Jawa-Madura-Bali ditetapkan Pertamina Rp 6.900/liter. Mulai besok harganya naik Rp 500/liter jadi Rp 7.400/liter.


"Sedangkan Solar harganya seluruh Indonesia sama Rp 6.900/liter," kata Bambang.


Ia menambahkan, Pertamina tidak mengambil untung besar dari kenaikkan harga BBM saat ini, karena pemerintah ingin menjaga stabilitas ekonomi dan sosial di dalam negeri.


"Untungnya ngepas, harapan kita akan terjadi penurunan harga dasar BBM sedikit dalam periode April ini, sehingga dapat memberikan Pertamina margin keuntungan yang cukup," kata Bambang.


Perbedaan harga bensin premium di luar Jawa-Madura-Bali dan di Jawa-Madura-Bali karena di luar Jawa-Madura-Bali, PT Pertamina mendapat penugasan dari pemerintah sehingga biaya distribusi ditanggung sebesar 2%.


Namun di daerah Jawa-Madura-Bali, biaya distribusi tidak ditanggung pemerintah. Selain itu, Pertamina diperbolehkan mengambil keuntungan (margin) 5-10%. Hal ini membuat harga Premium di Jawa-Madura-Bali akan lebih mahal.


(rrd/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com