Para Guru Besar Datangi Menteri ESDM, Sampaikan Petisi Buat Blok Mahakam

Jakarta -Para guru besar berbagai universitas dan beberapa politisi senior hari ini mendatangi Kantor Menteri ESDM Sudirman Said. Mereka menyampaikan petisi terkait Blok Mahakam di Kalimantan Timur.

Para guru besar universitas yang datang di antaranya:



  • Profesor Sri Edi Swasono (Universitas Indonesia).

  • Profesor Moctar Pabottingi (LIPI).

  • Profesor Juajir (Universitas Hasanuddin).

  • Profesor M Asdar (Universitas Hasanuddin).

  • Profesor Iwa Garniwa (Universitas Indonesia).

  • Profesor Ahmad Erani Yustika (Universitas Brawijaya).


Selain itu, hadir pula Dr Kurtubi (Unversitas Indonesia), Chandra Tirta Wijaya (Anggota DPR RI 2009-2014), Dr Effendy Gazali (Universitas Indonesia), Hatta Taliwang (Anggota DPR RI 1999-2004), Ugan Gandar (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu), Faisal Yusra (Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia), Salamuddin Daeng (Institute for Global Justice), serta Ahmad Khairudin (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia).

Sesuai agenda, mereka ingin menyampaikan 'Petisi Blok Mahakam untuk Rakyat' kepada Menteri ESDM selaku pejabat negara yang mewakili pemerintah. Saat ini pertemuan masih terus berlangsung.


Seperti diketahui, Blok Mahakam yang memiliki produksi gas bumi terbesar nasional saat ini dikelola oleh Total E&P Indonesie dan INPEX selama hampir selama 50 tahun lamanya. Kontrak pengelolaan blok ini akan berakhir pada 31 Desember 2017 dan nantinya jatuh ke PT Pertamina (Persero).


(rrd/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com