Begini Asyiknya Terbang Jakarta-Pangandaran Dengan Pesawat Mungil Susi Air

Pangandaran -Terbang dengan pesawat seperti Airbus, Boeing, Bombardier ataupun ATR sudah biasa. Lalu bagaimana rasanya terbang dengan pesawat mungil Cessna Grand Caravan 208? Tentu ada pengalaman yang tidak terlupakan.

Pagi ini, Sabtu (28/03/2015) detikFinance mencoba menaiki pesawat Cessna Grand Caravan 208 milik maskapai Susi Air dengan nomor penerbangan SI232. Tujuannya adalah Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah via Nusawiru Pangandaran. Terbang melalui Bandara Halim Perdana Kusuma tepat pada pukul 06.30 WIB.


Sebelum menaiki pesawat, seperti biasa penumpang melakukan check-in tiket di bagian reservasi penerbangan. Tidak seperti saat naik pesawat biasa yang hanya perlu menyerahkan tiket dan menimbang bagasi, naik pesawat mungil ini, penumpang dan seluruh barang bawaan baik bagasi maupun tas yang dibawa ke dalam kabin harus ditimbang.


Ada perasaan malu-malu dari para penumpang saat ditimbang karena sensor digital penunjuk berat badan karena bisa dilihat oleh banyak calon penumpang.


Usai mendapatkan tiket 2 lembar kertas putih, penumpang segera boarding. Karena jumlah penumpang pesawat ini cukup sedikit yaitu hanya 12 orang, penumpang bisa melenggang dengan santai menuju ruang keberangkatan khusus Susi Air Lounge tanpa harus desak-desakan dengan penumpang lainnya. Di ruangan ini pula, kita bisa menemui satu buah foto sang pemilik yaitu Susi Pudjiastuti.


Terbang dengan pesawat mini Cessna Grand Caravan 208 ternyata penuh kejutan. Setelah masuk ke dalam pesawat, penumpang bisa duduk dengan bebas di kursi yang telah disediakan. Sang pilot kemudian memberikan penjelasan prosedur keselamatan penumpang tanpa dibantu pramugari.


Formasi tempat duduk di pesawat Cessna Grand Caravan 208 terdiri dari empat baris. Tiap baris terdiri dari satu kursi di sebelah kiri dan dua kursi di sebelah kanan. Khusus tempat duduk paling belakang tiga kursinya tidak terpisah atau menyatu.Next




Bandara Nusawiru, Pangandaran


Pemandangan dari pesawat Cessna




(wij/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com