Cerita Mukhlis Si Penjual Sembako yang Jadi Agen Bank Mandiri

Gowa -Mukhlis Jamaluddin adalah agen dari Bank Mandiri dalam program TabunganMu, yang merupakan turunan dari layanan bank tanpa kantor cabang atau lebih dikenal dengan nama Laku Pandai.

Sebelumnya, Mukhlis hanyalah penjual barang-barang sembako di salah satu toko di Pasar Burung-Burung, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sampai pada awal Maret, Ia dipercaya menjadi agen oleh Bank Mandiri.


"Dari awal bulan, berarti sudah sekitar sebulan menjadi agen," ujarnya di sela-sela aktivitasnya berdagang, Sabtu (28/3/2015).


Ia menceritakan, awalnya didatangi oleh salah satu karyawan Bank Mandiri untuk ditawari menjadi agen. Mukhlis diberikan pemahaman secara umum tentang tugas dan fungsi agen serta keuntungan yang didapatkannya nanti.


Karena ketertarikannya, Ia menerima tawaran dari bank. Untuk selanjutkan mengikuti proses pembinaan oleh bank agar bisa mengetahui lebih rinci soal cara kerja agen.


Beberapa poin yang harus dipahami agen adalah soal kelembagaan bank dan produk atau jasa bank, penggunaan electronic device untuk melayani transaksi nasabah, pembukuan secara sederhana dan penempatan sejumlah deposit dan atau jaminan.


"Sejak awal mulai sampai sekarang itu sudah hampir 20 orang yang ke sini, untuk mendaftar dan setoran. Paling banyak setoran," tambahnya.Next


(mkl/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com