Empat Bank Luncurkan 'Laku Pandai', Bank Tanpa Kantor Cabang

Jakarta -Otoritas Jasa Keuanga (OJK) bersama perbankan dalam negeri memulai program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif). Sebanyak 17 bank sudah mengajukan untuk menjalankan program ini.

Pada tahap awal ada empat bank sudah mendapat persetujuan menjalankan program bank tanpa kantor cabang ini, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN).


Empat bank itu membidik bisa merekrut 128.039 agen selama 2015. Jika 13 bank lainnya bisa segera bergabung, maka jumlah agen Laku Pandai bisa mencapai 350.000 dengan cakupan 75% di seluruh Indonesia.


"Dalam tiga tahun ke depan, saya perkirakan agen-agen Laku Pandai akan ada di semua wilayah Indonesia," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, dalam Jumpa Pers di Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (26/3/2015).


Acara peluncuran hari ini juga dihadiri oleh Deputi Komisioner Pengawas Bank Mulya Siregar beserta jajaran direksi BRI, Bank Mandiri, BTPN, dan BCA.


Muliaman berharap Laku Pandai bisa mendukung program keuangan inklusif sesuai rencana pemerintah yang dicanangkan dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) pada Juni 2012 lalu.


"Laku Pandai akan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat terjangkau layanan keuangan," ujar Muliaman.


(rrd/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com