Lewat Ponsel, Kirim-kirim Uang Tak Perlu Punya Rekening Bank

Jakarta - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan produk 'bank tanpa cabang' alias branchless banking yang digagas oleh Bank Indonesia (BI). Produk ini dinamakan 'btpn WOW'.

"Inovasi berkelanjutan merupakan tantangan terbesar untuk membuka akses keuangan bagi segmen mass market," ungkap Wakil Direktur Utama BTPN Djemi Suhenda dalam siaran persnya, Kamis (23/5/2013).


Djemi menjelaskan inisiatif Branchless banking dari Bank Indonesia merupakan terobosan revolusioner dalam industri perbankan. Inisiatif ini diharapkan dapat membuka akses layanan bank bagi mayoritas penduduk Indonesia.


"Seperti petani, nelayan, buruh pabrik, pekerja informal, yang selama ini tidak mempunyai akses ke layanan perbankan secara lebih cepat," tuturnya.


Jumlah masyarakat Indonesia yang belum tersentuh jasa layanan keuangan seperti transfer, menabung ataupun kredit masih tinggi. Hal ini tercermin dari penelitian World Bank tahun 2010, dimana hanya 47% penduduk mempunyai tabungan di bank, dan hanya 17% penduduk mempunyai akses pinjaman bank.


btpn WOW! adalah layanan perbankan plus melalui HP dengan biaya yang sangat murah, yang dapat diakses dengan HP yang paling murah dan dapat bekerja di area yang memiliki sinyal minimum.


Plus-nya adalah semua layanan perbankan, seperti kirim uang ke bank mana saja, kirim uang ke nomor HP mana saja tanpa harus memiliki nomor rekening bank, bayar tagihan, isi ulang pulsa, dapat dilakukan secara instan melalui HP.


Selain itu nomor HP dapat sekaligus menjadi nomor tabungan. Sangat murah karena tidak ada biaya bulanan dan tidak ada saldo minimum. Semuanya ini hanyalah fitur dasar, dan fitur-fitur baru yang lebih advance, antara lain transfer internasional dan pinjaman, masih dalam tahap pengembangan.


Produk btpn WOW! adalah produk tabungan bank yang bekerja sama dengan 3 provider telekomunikasi di Indonesia.


Selama masa uji coba Agent Banking hingga bulan November 2013, akses layanan bank melalui agen akan masih sangat terbatas. Namun setelah itu peran agen, sebagai perpanjangan tangan bank, untuk memperluas jangkauan layanan bank kepada nasabah di seluruh pelosok akan menjadi sangat penting.


Inovasi ini akan memudahkan berbagai layanan perbankan ke mass market, antara lain: pembukaan rekening bank, setor dan tarik tunai dari rekening tabungan, dapat dilakukan di warung/toko, pompa bensin.


(dru/dnl)