Bos Garuda Jadi Calon Kepala BKPM, Ini Komentar Pengusaha

Jakarta - Pemerintah mempunyai sekitar 6 calon Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pengganti Chatib Basri. Salah satunya Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Emirsyah Satar. Apa kata pengusaha?

"Banyaklah yang bagus-bagus itu, Emirsyah adalah salah satunya," ungkap Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto saat ditemui usai seminar di acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2013, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (24/5/2013).


Suryo menuturkan, syarat untuk menjadi Kepala BKPM adalah orang yang paham bisnis. Kemudian bisa menciptakan iklim usaha yang nyaman, sehingga dapat mendorong investor untuk masuk ke dalam negeri.


"Kepala BKPM itu harus paham bisnis paham dunia usaha dan bisa menciptakan iklim senyaman mungkin agar investasi itu nggak terganggu," ucapnya.


Sebab itu, Indonesia tetap akan dibayang-bayangi oleh negara-negara tetangga. Di mana sebagai kompetitor dalam perebutan investor.


"Kita bersaing loh dengan negara-negara sebelah, jangan salah. Tapi Indonesia lagi cantik-cantiknya, tinggal harus dipoles terus," kata Suryo.


Ia mengakui syarat yang disebutkan dimiliki oleh Emirsyah. Apalagi mengingat Emirsyah yang juga merupakan Wakil Ketua Kadin.


Akan tetapi, menurutnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah memiliki nama yang tepat untuk posisi yang ditinggalkan oleh Chatib Basri.


"Tapi pasti dikantong presiden lah itu, (Masih dijabat Chatib) Itu sementaralah, nanti pasti akan ditunjuk," pungkasnya.


(dnl/dnl)