Dahlan Bangkitkan Lagi Wacana Pembangunan Tol Layang Cibubur-Senayan

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan kembali membangkitkan wacana pembangunan tol layang (elevated) dari Cibubur-Senayan Jakarta sepanjang 23 Km. Menurutnya harus ada solusi cepat mengatasi kemacetan tol dalam kota DKI Jakarta yang sudah sangat parah.

Dahlan telah meminta kepada PT Jasa Marga Tbk (JSMR) untuk merancang kembali jalan tol layang rute Cibubur-Senayan. Walaupun sebelumnya Jasa Marga telah menyatakan tol tersebut tak layak dibangun selain tarifnya akan mahal, proyek ini akan menelan dana sangat besar karena dibuat melayang.


"Kalau tidak diberikan izin, saya akan maju, dan saya minta tolong dikasih jalan keluar untuk mengatasi keruwetan jalan tol Cililitan. Please, kasih ide sekarang," kata Dahlan usai mengajar di FEUI, Depok, Kamis (23/5/2013).


Rencananya dalam kurun waktu 2 minggu ke depan, Jasa Marga akan mematangkan rencana pembangunan jalan tol layang Cibubur-Senayan. "Saya minta kepada Jasa Marga untuk dimatangkan soal jalan tol layang. Saya minta dalam waktu dua minggu dipresentasikan kepada saya," terangnya.


Dahlan membayangkan jika dalam kurun tiga tahun, tak ada pengembangan jalan tol. Kemacetan parah di tol dalam kota akan semakin parah.

"Jalan ini (tol Cililitan) harus dilakukan, Jasa Marga harus berbuat tidak boleh tidak berbuat," tegasnya.


(feb/hen)