Ini Dia 2 Merek HP Impor yang Paling Banyak Masuk Indonesia

Jakarta - Indonesia akan kedatangan 20 juta unit lebih handphone (HP) impor yang telah terdaftar di Kementerian Perindustrian. Merek HP yang paling banyak masuk ke Indonesia adalah Cross dan Samsung.

Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi menyebutkan HP tersebut sudah tercatat dalam Tanda Pendaftaran Produk (TPP) Kementerian Perindustrian, yang hanya menunggu realisasi impornya.


"Samsung salah satu pasar terbesar kan di Indonesia, tapi nomer satu itu (volume) Cross," kata Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (23/5/2013).


Budi tak menyebutkan secara rinci berapa unit telepon seluler yang telah terdaftar, secara besaran nilai impor Samsung lebih besar ketimbang Cross. "Tapi itu secara unit ya lebih besar Cross. Tapi kalau nilainya mungkin Samsung karena harganya lebih mahal," kata Budi.


Sebanyak 20 juta unit HP tersebut telah tercatat di Tanda Pendaftaran Produk (TPP) Kementerian Perindustrian sejak bulan Januari hingga April 2013. Namun, tak akan semua unit impornya bisa terealisasi. Setelah terdaftar, tersebut harus melalui verikasi di Kementerian Perdagangan untuk mendapatkan Surat Persetujuan Impor (SPI).


(zul/hen)