Orang Terkaya dari China Jajaki Bangun Pembangkit Listrik Surya di RI

Jakarta - Pengusaha asal Negeri Tirai Bambu yang masuk ke dalam 100 jajaran orang terkaya China, Gao Dekang menjajaki berinvestasi di Indonesia. Melalui bendera Bosideng International Holdings Limited, ia berencana mambangun pembangkit listrik solar panel atau tenaga surya.

Presiden Bosideng hari ini mengunjungi Kementerian Perindustrian, bertemu dengan Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Budi Darmadi.


"Grup dari Bosideng International Holdings Limited, dari China menjajaki untuk investasi di bidang pembangkit tenaga listrik solar panel," ungkap Budi usai menemui delegasi dari Bosideng tersebut di Kantor Kementerian Perindustrian, Kamis (23/5/2013).


Budi mengatakan, pengusaha China tersebut belum memastikan berapa besaran investasi yang dialokasikan, begitupun lokasi di mana nantinya investasi tersebut akan ditanamkan.


"Mereka masih menjajaki, tapi kita dorong untuk di Timur, kita selalu dorong ke sana," kata Budi.


Dikatakan Budi, kebutuhan masyarakat Indonesia akan listrik akan terus bertambah. Dalam beberapa tahun ke depan, kebutuhan listrik di Indonesia bisa mencapai 55.000 Megawatt. Itu yang menjadi landasan, pemerintah mendorong agar investasi ini dapat terealisasi.


"Kebutuhan kita 55.000 MW sampai beberapa belas tahun ke depan. Berarti ada kebutuhan tenaga listrik yang begitu banyak," katanya.


Dari info yang didapat detikFinance, Gao Dekang masuk ke dalam jajaran orang terkaya China versi Forbes. Di tahun 2013 ini, Forbes memberikan predikat Gao Dekang sebagai orang terkaya di China ke-43, dengan total kekayaan US$ 2,1 miliar. Di dunia, Gao Dekang berada di urutan ke-704.


(zul/hen)