Hotel Indonesia Natour Tambah 13 Hotel Baru Dalam 2 Tahun

Jakarta - PT Hotel Indonesia Natour (HIN) (Persero) berencana menambah 13 hotel baru dalam 2 tahun ke depan. Hotel baru ini, merupakan milik mitra namun dikelola oleh HIN.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama HIN, Intan A Katoppo kepada detikFinance, Sabtu (25/5/2013).


"Kita targetkan ada 25 hotel yang dikelola. Sekarang kita punya 12 hotel. Itu (12 hotel baru) milik orang (BUMN) dan direncanakan dalam 2 tahun ke depan. Ini merupakan bentuk sinergi BUMN," kata Intan.


Selain menambah 13 hotel baru untuk berbagai tingkatan, HIN berencana masuk ke pasar budget hotel atau hotel berkonsep tanpa kelas. Intan menjelaskan, pihaknya akan memanfaatkan aset tanah perseroan yang tidak produktif untuk dibangun budget hotel.


Untuk rencana pengembangan ini, HIN menggunakan sistem project finance dan penerbitan obligasi. "Kita merambah ke budget hotel. Kita ada tanah di Kemayoran, Buncit, Tebet dan Kelapa Gading (Jakarta)," tambahnya.


Sampai saat ini, Hotel Indonesia Natour telah mengoperasikan sebanyak 13 hotel. Hotel tersebut tersebar di seluruh Indonesia. HIN hanya memperoleh laba bersih sebesar Rp 10 miliar di tahun 2012 atau turun dari periode sebelumnya yang senilai Rp 25 miliar.


Intan beralasan, pihaknya menggelontorkan investasi yang cukup tinggi untuk pengembangan dan renovasi hotel di Bali. Hal ini berpengaruh terhadap perolehan laba.


"Karena investasi dan 3 hotel tutup (renovasi dan pengembangan). Inna Kuta, Inna Putri Bali Nusa Dua dan Grand Inna Muara," tegasnya.


(feb/ang)