Alasan Bank Mandiri Ingin Ekspansi ke Luar Negeri

Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk mengungkapkan pentingnya perbankan di Indonesia untuk ekspansi ke luar negeri. Pertama, adalah seiring dengan perkembangan ekspansi dari perusahaan khususnya di sektor rill untuk masuk ke negara-negara lain.

"Indonesia itu negara besar, dan banyak perusahaan besar dan itu banyak yang sudah ekspansi ke luar negeri, nah kita ingin melayani mereka sampai kesana, karena mereka kan nasabah kita juga, jadi itu tujuan nya," kata Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin di Senayan City, Jakarta, Minggu (26/5/2013).


Kedua, menurutnya adalah untuk melayani kebutuhan orang Indonesia yang berlibur ke luar negeri. Menurutnya, negara seperti Arab Saudi, Malaysia dan Hongkong sering dikunjugi oleh orang Indonesia.


"Kita selain melayani perusahaan , kita juga layani orang liburan. Seperti pergi ke Malaysia, Arab Saudi, dan Hongkong. Karena mereka ke luar negeri, pastinya butuh bertransaksi seperti ATM dan lain-lain, jadi prinsipnya melayani," jelas Budi.


Kemudian yang ketiga adalah, kebutuhan untuk mempromosikan merek asli Indonesia ke dunia. Ia menilai negara lain sangat mudah memperkenalkan produknya, seperti ponsel, jam tangan dan yang lainnya.


Menurut Budi, hal itu juga bisa dilakukan dari sisi perbankan. "Kita bangsa besar, kalau kita punya brand di lokal kenapa kita gak punya brand di luar negeri. Kita sebagai bangsa negara haru mampu menjangkau itu," sebut Budi.


(dru/dru)