Chairul Tanjung Jadi 'Pak Pos' Dadakan di Korea

Seoul - Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung jadi 'Pak Pos' saat melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Pria yang akrab disapa CT itu diminta mengantarkan surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada mantan Presiden Korsel Lee Myung Bak.

"Baru saja saya bertemu mantan presiden Korea (Selatan), Lee Myung Bak, untuk menyampaikan surat pribadi presiden SBY ke beliau. Kita ketahui hubungan Indonesia-Korea sangat baik. Khususnya pada era Lee Myung Bak jadi presiden," katanya usai bertemu mantan Lee Myung Bak, di Seoul, Korea Selatan, Sabtu (25/5/2013).


CT mengatakan, karena kedekatan yang luar biasa antara Indonesia dan Korea, dan hubungan pribadi presiden SBY dengan Lee Myung Bak, maka SBY menugaskan dirinya untuk mengantar surat pribadi sekaligus membicarakan hal penting terkait Indonesia-Korea.


Satu hal menarik, meskipun Lee Myung Bak sudah tidak jadi presiden lagi, beliau mengatakan, presiden pengganti sekarang berasal dari partai yang sama. Banyak pejabat-pejabat pemerintahan yang sekarang juga masih menjabat di kementrian-kementerian, orang-orang yang dulu pernah membantu Myung Bak. Diharapkan kerjasama di dua negara, bisa menjadi lebih baik lagi," tuturnya.


Presiden SBY juga meminta kepada Myung Bak supaya setelah SBY tidak menjabat presiden RI bisa menjadi patron atau orang yang disegani, atau berperan, untuk menjaga hubungan Indonesia dan Korea Selatan.


"Dan beliau menyatakan, ketersediaannya untuk menjaga hubungan tersebut dan beliau mengatakan akan mengumpulkan pengusaha-pengusaha Korea mencari terobosan, apabila ada ganjalan mengenai investasi, trade, maupun hubungan kedua negara," jelasnya.


Myung Bak pun menyatakan minatnya untuk berkunjung ke Indonesia demi menjaga hubungan baik antara kedua negara tersebut.


(ang/feb)