RI Jadikan Kesemek Sebagai Buah Unggulan

Jakarta - Keberagaman buah lokal asli Indonesia tidak terhitung jumlahnya. Sayangnya, buah lokal yang jadi unggulan masih sedikit, salah satunya kesemek. Buah ini akan banyak dipromosikan oleh pemerintah.

"Kita akan dorong promosi buah kesemek, agar semakin laku tidak hanya di pasar domestik namun juga ke luar negeri (ekspor)," ujar Plh Dirjen dan juga Seketaris Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian, Yasid Taufik ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/5/2013).


Menurut Yasid, hanya sedikit negara yang punya buah kesemenk. Sehingga, makin besar kesempatan Indonesia untuk memperkenalkan buah ini.


"Kita punya banyak, hanya sedikit negara yang punya buah kesemek, sementara kesemek banyak manfaatnya terutama untuk kesehatan," ujar Yasid.


Kata Yasid, hal ini cuma masalah promosi saja, sama halnya dengan promosi-promosi yang dilakukan Amerika dan Eropa pada buah kiwi.


"Promosi buah kiwi luar biasa, kalau makan kiwi selama dua minggu manfaatnya bisa begini, tapi kan belum tentu, ini-kan karena promosinya saja yang hebat," katanya.


Asal tahu saja, kata Yasid, vitamin dan serat kasar paling banyak dan paling bagus adalah yang proses fotosintesisnya sempurna.


"Dan yang sempurna hanya ada di wilayah katulistiwa, salah satunya Indonesia, itu banyak yang belum banyak diketahu masyarakat kita," tandasnya.


(rrd/ang)