Agus Marto Jadi Bos BI, Ini Harapan Para Bankir

Jakarta - Agus Martowardojo telah dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Pelaku industri perbankan tanah air menaruh harapan besar kepada Gubernur BI yang baru ini.

Ketua Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono berharap Agus Marto mampu menjaga stabilitas perbankan nasional di tengah kepungan kelesuan ekonomi global. Ia pun berharap, Perbanas dilibatkan untuk setiap perumusan kebijakan terkait perbankan.


"Perbanans, tentu selama ini kita mengenal pak Agus dari bank komersial, tentu komunikasi kita lebih baik. Kita minta peraturan dikomunikasikan kepada kalangan perbankan," tutur Sigit saat ditemui usai pelantikan Agus Marto di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (24/5/2013).


Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), Budi Sadikin berharap Agus Marto bisa membawa angin segar untuk industri perbankan Indonesia. Menurutnya, kondisi perekonomian Indonesia diproyeksikan mengalami kelesuan di 2013. Hal ini, tentunya menjadi tugas berat memimpin bank sentral.


"Saya rasa ekonomi Indonesia terbaik ada di tahun 2011 dan 2012. Sekarang relatif tidak baik. Bagaimana tetap menjaga kondisi moneter tumbuh tinggi," tambahnya.


Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) Maryono mengatakan, Agus Marto memiki kredibilitas yang baik sebagai seorang profesional dan pejabat. Ia optimis, dengan sosok Agus Marto bisa menjaga stabilitas moneter Indonesia.


"Hadirnya pak Agus di moneter policy. Fiskal dan moneter bisa berjalan dalam rangka negara dikelola secara prudent," tegasnya.


(feb/ang)