Ingin Jadi Menteri Keuangan? Tiap Hari Ada Sekoper Dokumen Menunggu

Jakarta - Gaji pokok seorang Menteri Keuangan sekitar Rp 18 juta per bulan, belum ditambah tunjangan-tunjangan lain. Tapi, setiap hari ada satu koper dokumen yang harus dikerjakan.

Mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, sehari-hari, dia harus menyelesaikan bertumpuk-tumpuk dokumen terkait anggaran negara.


"Betul apa namanya dokumen-dokumen yang perlu diselesaikan di Kemenkeu itu betul," ungkap Agus ditemui di acara pembukaan Indonesia Banking Expo (IBEX) 2013 di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (23/5/2013)


Bahkan menurut Agus, dalam sehari bisa lebih dari satu koper yang Ia terima dalam satu hari kala menjabat menteri keuangan. "Jadi mungkin malah lebih dari satu koper setiap harinya," ujarnya.


Agus Marto hadir dalam acara IBEX 2013 sebagai Dewan Penasihat Perbanas. Ia datang dengan mobil Alphard pribadinya dan mengenakan batik bercorak merah. Sudah sebulan lebih ini, Agus 'menganggur' karena dia baru dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) besok.


Dalam acara pembukaan yang berlangsung kurang lebih 1 jam, Agus terlihat sibuk menerima ucapan selamat dari banyak orang. Agus Marto sudah sangat dikenal di dunia perbankan, karena sebelumnya Agus Marto menjadi sebagai Direktur Utama Bank Mandiri.


Sebelumnya, Hatta Rajasa yang sempat menjabat sebagai Plt Menteri Keuangan selama sebulan menyatakan beratnya jabatan tersebut.


"Saya menyerahkan tugas berat selama 1 bulan ini kepada Chatib Basri. Pak Chatib tidak akan kekurangkan pekerjaan karena selama 1 hari, saya selalu dikirim satu koper dari Bu Ani (Wamenkeu Ani Ratnawati) dan Pak Mahendra (Wamenkeu Mahendra Siregar). Ini merupakan pekerjaan yang berat yang penting untuk menjaga agar APBN kita sustainable dan baik juga prudent dan tepat sasaran," kata Hatta saat serah terima jabatan dengan Chatib Basri pada Selasa lalu.


Berminat jadi Menteri Keuangan?


(dnl/dnl)