BNI Tawarkan Kartu Debet Khusus yang Berfungsi Sebagai Kartu Kredit

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menawarkan kartu Debit Online dalam pameran Indonesia Banking Expo (IBEX) 2013. Debit ini nantinya akan berfungsi sama dengan kartu kredit dalam bertransaksi online.

"Jadi ini adalah kartu debit yang nantinya dalam bertransaksi online bisa digunakan layaknya kartu kredit," kata staf E banking BNI

Mahardika kepada detikFinance, di JCC, Kamis (23/5/2013).


Bahkan menurutnya, sistem ini lebih aman dibandingkan dengan kartu kredit. Karena kalau biasanya bertransaski menggunakan kartu kredit, selalu mencantumkan semua nomor virtual kartu. Nah, dengan debit online akan disediakan satu nomor virtual khusus setiap kali belanja.


"Biasanya kan nggak aman kalau pakai kartu kredit, karena semua nomor di kartu dimasukin, yang padahal itu nggak boleh. Kalau ini lebih aman, karena per transaksi ada nomor khusus yang dikasih," jelasnya.


Ini sangat membantu buat nasabah yang tidak dapat memiliki kartu kredit. BNI menyebutkan ini sebagai dompet tak terlihat.


"Kita punya dompet tapi nggak kelihatan, nah kita tinggal belanja. Prosesnya transaksi sama dengan kartu kredit," ucapnya.


Cara mendapatkan debit online sangat praktis. Pertama adalah nasabah BNI yang sudah mengaktivasi SMS Banking. Kedua, nasabah mengirim pesan singkat atau sms dengan 'REQ' VCN (nominal).


"Nominal disesuaikan dengan apa yang akan dibeli, misalkan ingin membeli tiket konser seharga Rp 500 ribu, maka disertakan nominalnya Rp 500 ribu," ungkapnya.


Kemudian untuk diproses, reply sms dengan mengetik digit ke-1 & ke-5 nomor PIN. Respon yang diterima nantinya adalah nomor VCN (Virtual Card Number), CVC2 dan Valid Thru.


"Sumber dana dari tabungan kita sendiri. Berlakunya no virtual ini untuk 1 kali transaksi dengan durasi 1 jam sejak dikirimkan no virtual," sebutnya.


Semua transaksi menggunakan debit online syaratnya adalah merchants yang tersedia Logo Master Card. Nasabah pun juga leluasa untuk menentukan limit belanja.


(dru/dru)