Gelar Operasi Pasar, Pemerintah Sebar 1.500 Ton Daging di Jabodetabek

Jakarta - Pemerintah akan melakukan operasi pasar dalam waktu dekat guna menstabilkan harga daging sapi di Jabodetabek. Rencananya sebanyak 1500 ton daging sapi akan disebar setiap bulan di Jabodetabek.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pertanian Suswono saat ditemui selepas acara Pelantikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Jumat (25/5/2013)).


"Masih dibahas, karena intinya untuk menambah pasokan di DKI Jakarta dan Jabodetabek," kata Suswono.


Ia mengatakan, kebutuhan daging sapi di DKI Jakarta mencapai 3.000 ton per bulan. Menurut Suswono pada bulan Puasa dan menjelang Lebaran kebutuhan masyarakat akan daging sapi bakal naik 30%.


"Kebutuhan Ramadhan biasanya naik 30% dari total kebutuhan pasar. Untuk operasi pasar paling tidak perlu 50% dari kebutuhan, atau sekitar 1.500 ton," katanya.


Suswono sayangnya tak merinci berapa harga daging sapi yang dijual ke masyarakat terkait operasi pasar tersebut. Namun ia mengharapkan harga daging sapi dapat distabilkan dan akam semakin merosot karena keutuhan yang terpenuhi. Suswono sendiri menargetkan harganya bisa mencapai paling mahal Rp 80.000 per Kg.


"Di Jabodetabek harga daging sapi masih lebih dari Rp 80.000 per kg, diharapkan setelah operasi pasar, harga bisa turn jadi Rp 76.000-80.000," tutupnya.


(zul/hen)