Masuk Daftar Maskapai Terbaik Dunia, Bos Garuda: Ini Hasil Kerja Keras

Jakarta - PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) masuk daftar maskapai terbaik dunia atau 'The 20 Best Airlines in The World' versi Business Insider. Garuda bertengger di peringkat 7 dari 20 maskapai yang masuk peringkat.

Apa respon manajemen Garuda Indonesia terkait penilaian Skytrax ini? Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menjelaskan, ini merupakan kerja keras yang dilakukan manajemen dan karyawan Garuda selama beberapa tahun terakhir. Hal ini bisa menjadi kebanggaan bagi semua karyawan.


"Tentunya ini hasil kerja keras di Garuda. Ini merupakan kebanggaan kita semua tentunya, ini sesuai dengan apa yang kita ingin capai sebagai maskapai bintang 5 pada tahun 2015. Jadi Alhamdullilah apa yang kita lakukan diapreasi oleh Skytrax. Mereka melihat kemajuan," tutur Emir kepada detikFinance Sabtu (25/5/2013).


Meskipun masih di bawah Singapore Airlines dan Malaysia Airlines, Garuda Indonesia secara bertahap terus melakukan peningkatan pelayanan. Hal ini sejalan dengan rencana Garuda Indonesia menuju maskapai bintang 5 di 2015.


"Tiga-empat tahun lalu, kita enggak masuk ke peringkat (The 20 Best Airlines in The World). Kita mesti bertahap untuk melakukan perbaikan," tambahnya


Menurutnya, Garuda melakukan berbagai perbaikan di semua lini. Mulai dari cabin crew, armada pesawat, pelayanan dan manajemen. Hal ini diperlukan sebagai syarat menjadi maskapai bintang 5 dan bisa bersaing dengan maskapai global seperti Malaysia Airlines dan Singapore Airlines.


"Kita lakukan peremajaan armada tapi yang penting adalah perubahan dari culture, service dari cabin crew. Terus semua petugas di airport dan di kantor kita," katanya.


Berikut ini peringkat Best Airlines versi Business Insider yang mengolah data Skytrax dan FAA:

1. Singapore Airlines

2. Malaysia Airlines

3. Virgin America

4. Asiana Airlines

5. Qatar Airways

6. All Nippon Airways (ANA)

7. Garuda Indonesia

8. Silk Air

9. Korean Air

10. Air New Zealand

11. Cathay Pacific

12. South African Airways

13. Turkish Airlines

14. Finnair

15. Thai Airways

16. Japan Airlines

17. Oman Air

18. Air Astana

19. Lufthansa

20. Etihad Airways


(feb/ang)