Sebelum Jeruk dan Pir Impor Masuk, Kesemek Jadi Primadona di Jakarta

Jakarta - Tidak banyak orang yang tahu , buah kesemek pernah menjadi primadona di Jakarta. Namun seiring serbuan buah impor terutama jeruk dan pir, pamor kesemek hilang ditelan zaman.

Pelaksana Harian Dirjen dan juga Seketaris Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian Yasid Taufik mengatakan, dulu kesemek menjadi primadona di Jakarta.


"Kesemek itu pernah jadi buah primadona masyarakat di Jakarta. Tapi karena makin banyaknya buah impor seperti jeruk dan pear membuat pamor kesemek semakin menurun, bahkan sampai tidak tercatat dalam produksi buah-buahan di Indonesia, seperti mangga, jeruk, pepaya, pisang, manggis, salak dan lainnya," ucap Yasid ketika ditemui di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (24/5/2013).


Bahkan menurut Yasid, saat ini orang tidak terlalu bangga memakan buah kesemek dibandingkan memakan pir atau apel. "Coba sekarang kalau kita makan di depan umum makan pear atau apel nyaman saja, coba kalau makan kesemek mungkin makannya sambil ngumpet-ngumpet," ujarnya.


Maka, untuk mengembalikan kejayaan buah kesemek, Kementerian Pertanian akan fokus untuk mempromosikan kesemek sebagai salah satu buah unggulan Indonesia.


"Kita ingin promosikan kesemek, seperti kita promosikan manggis, salak yang menjadi primadona buah ekspor Indonesia, pasalnya kesemek tidak semua negara punya loh," kata Yasid.


(rrd/dnl)