68 Tahun RI Merdeka, 14,7 Juta Kepala Keluarga Belum Teraliri Listrik

Jakarta - Sejak 68 tahun Indonesia merdeka hingga sampai saat ini masih banyak keluarga di Indonesia yang rumahnya belum tersambung listrik. Jumlah keluarga yang belum teraliri listrik mencapai 14,7 juta kepala keluarga (KK).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan rasio elektrifikasi tahun ini masih 79,3%. "Artinya masih ada sekitar 21% masyarakat Indonesia belum mendapatkan listrik," ujar Jarman ketika ditemui di Ruang Komisi VII DPR, Kamis (23/5/2013).


Dari sekitar 21% masyarakat yang belum menikmati listrik tersebut, jumlahnya sekitar 14,7 juta KK. "Jadi sampai hari ini ada sekitar 14,7 juta KK yang rumahnya belum teraliri listrik," ungkap Jarman.


Pemerintah menargetkan, tahun ini jumlahnya akan berkurang, karena akan ada pemasangan listrik sebanyak 2,9 juta KK. "Tahun ini target kami ada 2,9 juta KK yang rumahnya sudah dipasangi listrik," ucap Jarman.


Jika kondisinya terus begini, artinya minimal ada sekitar 3 juta sambungan listrik per tahun.


"Pada 2020, sebanyak 99% rumah tangga di Indonesia sudah teraliri listrik dengan catatan ada tambahan sambungan listrik sebanyak 3 juta pelanggan per tahun," tandasnya.


(rrd/hen)