Indonesia Bisa Maju Seperti Korsel, Apa Kuncinya?

Seoul - Rombongan Komite Ekonomi Nasional (KEN) terjun langsung ke Korea Selatan untuk mempelajari kemajuan ekonomi di Korsel. Menurut ketua KEN, Chairul Tanjung, untuk menerapkannya di Indonesia pasti punya tantangan tersendiri.

"Kunci yang utama dari orang Korea adalah dari pola berpikir. Orang Indonesia masih ragu untuk berpikir negara kita bisa menjadi negara yang maju, orang Korea sudah percaya negara mereka bisa maju. Ubah mindset, Indonesia juga bisa jadi negara yang maju," ujar Chairul Tanjung saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Seoul, Korea Selatan, Jumat (24/5/2013).


Menurutnya, bekerja keras sudah menjadi kebudayaan dan keharusan bagi orang Korea. Karena itulah Korea dapat menjadi negara yang maju dan berkembang.


"Masyarakat Korea malu kalau tidak bekerja keras. Sementara bekerja keras belum menjadi budaya dibangsa kita. Bekerja keras dan bekerja cerdas," sambung pria yang akrab disapa CT itu.


Chairul Tanjung juga mengatakan, pendidikan sangat penting untuk menjadikan negara yang maju. Sehingga dari pendidikan dapat menghasilkan produk tenaga kerja yang siap mengantisipasi, new economi, new future.


"Ini challenge di negara kita. Dan saya yakin, Indonesia pasti bisa," katanya.


(kak/ang)