Venera, Cross dan Mito Ramai-ramai Mau Bangun Pabrik HP di Indonesia

Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim pabrikan handphone (HP) asal China beramai-ramai untuk membangun pabrik di Indonesia. Beberapa merek seperti Mito, Venera, Cross yang selama ini sudah beredar di pasar Indonesia berniat membuat pabrik di dalam negeri.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Budi Darmadi mengatakan, beberapa merek HP lokal yang kini berbasis produksi di luar negeri, akan mulai memproduksi di dalam negeri.


"Gini kan major player itu, semua merek Indonesia itu kita dorong bikin di sini ada banyak. Venera, Cross, Polytron, Mito itu mereka sekarang lagi rame-rame pemegang merek itu lagi merapat ke kita bikin bisnis plan pendirian factory," kata Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Kamis (23/5/2013).


Saat ini, para produsen HP tersebut melakukan produksinya di luar negeri meskipun merek tersebut merupakan merek Indonesia. Budi menyebutnya, produsen HP tersebut menggunakan sistem makloon.


"Mereka makloon (Pembuatan Produk Oleh Pihak Lain) ke luar negeri. Belum ada yang buat pabrik di sini," katanya.


Selain itu, para pemegang merk lokal tersebut akan menggaet produsen komponen elektronika yang sudah lebih dulu bisa diproduksi di dalam negeri.


"Apa saja sih industri komponen di Indonesia. Ini, casing, touchscreen, kita sudah bisa buat, batere, keypad, IC belum bisa buat, konektor sudah bisa buat, charger sudah bisa buat," papar Budi.


Budi menargetkan paling cepat tahun depan para pemegang merek HP lokal tersebut akan mulai membangun pabrik di Indonesia. "Tahun depan lah paling cepat," katanya.


(zul/hen)