Ada Alat Pengendali Inflasi, Pedagang Bandung Tak Boleh Sembarangan Patok Harga

Bandung - Demi mengendalikan inflasi harga kebutuhan pokok, Pemerintah Daerah Kota Bandung, Jawa Barat memasang alat pengendali inflasi. Alat ini memberikan informasi harga kekinian kebutuhan pokok khusus kota Bandung.

"Konsumen bisa melihat harga dan bisa menyampaikan informasi jika harga tersebut tidak wajar kepada Pemda Bandung melalui akun Twitter," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banndung Ferry Sofwan Arif saat ditemui di Pasar Kosambi, Bandung Jawa Barat, Kamis (23/05/2013).


Alat pengendali inflasi ini merupakan hibah dari Bank Indonesia (BI) cabang Bandung. Alat ini sudah terpasang di 7 kota Bandung selama 10 tahun.


"Alat ini sudah terpasang di 7 kota. Selain dipasang di pasar seperti pasar Kiara Condong, Pasar Baru, Pasar Kosambi dan Pasar Angir, juga dipasang di kantor Dinasperindag dan kantor Dinas Pemerintah Kota. Ini bantuan BI cabang Jawa Barat," katanya.


Alhasil, dengan adanya alat ini Jawa Barat dinobatkan menjadi provinsi dengan pengendali inflasi terbaik.


"Yang penting fungsinya apalagi Jabar mendapatkan penghargaan pengendalian inflasi 2 tahun berturut-turut tahun 2011 dan 2012," sahutnya.


(wij/ang)