BSD Jual Properti Rp 1,7 Triliun Dalam 3 Bulan

Jakarta -PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan marketing sales (pra penjualan) Rp 1,76 triliun di 3 bulan pertama 2014. kontribusi penjualan terbesar berasal dari pra penjualan segmen kavling tanah yang mencapai Rp 1,14 triliun atau 65% dari total pra penjualan.

Pencapaian pra penjualan sebesar Rp 1,76 triliun tersebut setara 29% dari total target pra penjualan 2014 yakni Rp 6 triliun, turun 32% dari angka marketing sales 2013 lalu.


“Penurunan tersebut dikarenakan pada tahun 2013 lalu terdapat tambahan signifikan dari pra penjualan an-organik kepada entitas anak hasil joint venture (JV) dengan mitra strategis kami yakni Hongkong Land, AEON Mall Jepang dan Dyandra.” kata Direktur & Corporate Secretary BSD Hermawan Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2014).


Lebih lanjut ditambahkan, jika dibandingkan head to head dengan pra penjualan organik tahun 2013 (tanpa menyertakan penjualan kepada JV) maka pada triwulan-I 2014 BSD membukukan pertumbuhan pra penjualan organik 98% Year on Year (YoY).


Segmen rumah tinggal atau residensial pada tiga bulan pertama 2014 membukukan pertumbuhan pra penjualan 15% menjadi Rp 595,35 miliar ketimbang tahun 2013 lalu yakni Rp 516 miliar. Emiten properti pengelola BSD City itu menjual 398 unit rumah tinggal.


“Kami telah merilis lima sub-kluster dan kluster baru yang berlokasi di BSD City serta satu proyek hunian baru di Balikpapan yakni Grandcity pada 16 Maret 2014 lalu. Permintaan konsumen sangat luar biasa, yang mana pada hari pertama peluncuran langsung terjual 97%,” katanya.


Apabila nilai pra penjualan dikelompokan berdasarkan proyek, maka BSD City menjadi kontributor terbesar bagi Perseroan. BSD City sepanjang tiga bulan pertama 2014 berkontribusi sebesar 71% terhadap total nilai pra penjualan.


“Kami masih memiliki landbank untuk menjamin pengembangan BSD City tahap II hingga tahun 2020 mendatang,” ucapnya.


Kawasan hunian milik Balikpapan Grandcity berkontribusi sebesar 15% atau terbesar kedua setelah BSD City. Setelah itu Grand Wisata Bekasi berkontribusi 8%, Kota Wisata Cibubur 3% dan 3% terakhir untuk kontributor pra penjualan berdasarkan kawasan hunian dibukukan oleh Taman Banjar Wijaya, Tangerang, Legenda Wisata Cibubur dan Kota Bunga Bogor.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!