Jokowi Lepas Operasi Pasar Beras, Menko Sofyan: Februari Kita Harap Deflasi

Jakarta -Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Gudang Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jokowi secara simbolis melepas 25.000 ton beras untuk masyarakat miskin (raskin) dan 2.000 ton beras murah untuk operasi pasar di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Rachmat Gobel, Menteri Perdagangan, mengatakan pemerintah telah melakukan upaya untuk menurunkan harga beras yang beberapa waktu terakhir melonjak cukup tajam.


"Pak Presiden tadi salurkan beras cadangan pemerintah. Kualitas nanti bisa dilihat. Kita buat senormal mungkin harganya, tergantung jenis berasnya," kata Gobel, Rabu (25/02/2015).


Gobel juga meminta masyarakat agar tidak perlu cemas karena pasokan beras cukup. Kecemasan masyarakat justru akan berdampak pada kenaikan harga beras yang semakin tinggi.


"Sekarang sudah mulai panen, Pak Mentan (Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman) sudah di Demak panen beras. Jadi tidak usah dikhawatirkan, kita punya cadangan cukup," imbuhnya.


Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil berharap cara Jokowi ini bisa langsung menekan tingginya harga beras di pasar. Ia juga berharap tingginya harga beras saat ini tidak akan mendorong inflasi Februari 2015.


"Kita harapkan deflasi. Yang naik hanya beras, yang lain semua oke," cetus Sofyan.


(wij/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com