Target Mentan Amran: Bangun 10 Pabrik Gula Dalam 5 Tahun

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas membahas ketersedian lahan sebanyak dua juta hektar. Lahan tersebut salah satunya akan digunakan untuk membangun pabrik gula, kelapa sawit hingga food estate di Kalimantan dan Sulawesi.

Usai rapat, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan dan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya menggelar jumpa per‎s di Kantor Presiden, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (27/2/2015).


Amran menjelaskan, pihaknya berkeinginan membangun pabrik gula terutama di Sulawesi, food estate di Kalimantan, dan pabrik kelapa sawit di perbatasan Kalimantan Tengah dan Timur dengan Malaysia. Dibutuhkan lahan total 2 juta hektar lahan untuk pembangunan proyek tersebut.


"Pabrik gula membutuhkan lahan sebesar 500.000 hektar, 500.000 hektar untuk food estate, kemudian untuk lahan sawit 1 juta untuk di perbatasan," kata Amran.


Ia berharap, semuanya bisa dimulai akhir tahun ini. Sedangkan target pabrik gula diupayakan 5 tahun‎ sudah bisa berproduksi. Untuk pabrik gula sendiri, sudah ada pihak yang mau berinvestasi dengan biaya Rp 50 triliun‎ ini.


‎Kapasitas pabrik gula tersebut per unitnya adalah 10.000-12.000 ton yang rencananya dibuat 10 unit. Satu unit pabrik diperkirakan membutuhkan dana Rp 5 triliun.


"Kelapa sawit investor sudah ada. Kita mengutamakan investor dalam negeri," tandasnya tanpa mau jelaskan anggaran yang dibutuhkan.


(mok/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com