Loket Tiket Ditutup, Calon Penumpang Berharap Ada Ticket Vending Machine di Bandara

Jakarta -Mulai 1 Maret 2015, PT Angkasa Pura II menghapus loket tiket di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng (Soetta) dan Bandara Internasional Kualanamu Medan. Sebagai gantinya disediakan costumer service counter di terminal keberangkatan.

Namun, para penumpang berharap, AP II juga bisa menyediakan Ticket Vending Machine (mesin tiket) seperti yang digunakan pada pembelian tiket kereta api bandara di Medan, Sumatera Utara.


Sejak beroperasi kereta bandara Medan-Bandara Kualanamu satu setengah tahun lalu. PT Railink menyediakan banyak pilihan pembayaran nontunai untuk pembelian tiket. Salah satunya mesin canggih untuk pembelian tiket.


Perusahaan patungan PT Angkasa Pura dan PT Kereta Api Indonesia ini menyediakan mesin-mesin tiket di Stasiun Medan dan Stasiun Bandara. Calon penumpang bisa memilih waktu keberangkatan, kemudian melakukan pembayaran baik dengan kartu debet, kartu kredit ataupun kartu prabayar (prepaid).


"Ya lebih sederhana. Tinggal datang, tempelkan kartu, lantas keluar struk pembayaran," kata Irwan, salah seorang pengguna jasa kereta api bandara di Medan, Sabtu (28/2/2015).


Di stasiun kereta api bandara di Medan, kata Irwan, pengguna mesin ini memang tidak terlalu banyak, sebab masih mudah membeli tiket secara tunai di loket. Tetapi bila jumlah penumpang kereta semakin banyak dan antrean membludak di loket, maka vending machine menjadi pilihan.


"Maskapai penerbangan sebenarnya harus bisa menyontoh sistem ini. Sederhana dan efektif. Loket tiket tidak tersedia di bandara oke, tetapi penumpang go show (terbang dadakan) tidak punya pilihan. Jika ada vending machine ini, ada alternatif," kata Irwan.


Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sebelumnya mengeluarkan Nomor HK.209/I/16PHB.2014 kepada seluruh penyelenggara bandar tertanggal 31 Desember 2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandar Udara Seluruh Indonesia. Dengan surat edaran ini, maka di bandara tidak boleh lagi ada loket tiket maskapai.


(rrd/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com