Dubes Spanyol: Kami Sangat Ingin Berinvestasi di RI

Jakarta -Di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia masih beberapa kali mengalami gaduh politik. Terakhir, hubungan antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian RI sempat memanas, meski sekarang sudah sedikit reda.

Fransisco Jose; Viqueira Niel, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, melihat kegaduhan politik bukan suatu masalah besar bagi investor. Hingga kini menurutnya, gunjang-ganjing politik di Indonesia tak menyurutkan minat investor Eropa, khususnya Spanyol.


‎Dia mengatakan, investor-investor di Eropa sangat ingin untuk berinvestasi di Indonesia, karena peluangnya terbuka lebar. Mereka juga tidak menghiraukan adanya kekisruhan politik.


"Kami sangat ingin berinvestasi di Indonesia. Saya juga menduga ada ketertarikan dari teman-teman saya di Eropa, di mana pun. Saya pikir tidak ada keraguan mengenai stabilitas politik di Indonesia. Masih banyak peluang di Indonesia," katanya kala berbincang dengan media, Kamis (26/2/2015) malam.


Viqueira mengatakan, ada beberapa investor dari Spanyol yang sudah berinvestasi di Indonesia. Salah satunya produsen pelumas/oli yang cukup besar dan punya nama, yaitu Repsol‎. Sektor energi memang salah satu yang dibidik investor.


"Perusahaan minyak besar Spanyol pun sudah berinvestasi di sini, Repsol," katanya.


Selain itu, sektor infrastruktur menjadi salah satu poin penting untuk ditawarkan pada investor. Karena diketahui, pemerintah punya program besar untuk membangun infrastruktur, terlebih ada dana tambahan dari realokasi subsidi BBM.


"Saya pikir infrastruktur penting. Tapi bukan berarti perusahaan mau menanamkan modal semuanya. Kecuali berkelanjutan. Pembiayaan bisa datang dari mana saja, bank, swasta, juga bantuan pemerintah," tuturnya.


(zul/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com