Menteri ESDM: Pertamina Tak Mungkin Jadi Polisi Awasi Pengecer Jual Elpiji 3 Kg

Jakarta -Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengimbau masyarakat agar membeli elpiji 3 Kg di SPBU-SPBU Pertamina karena harganya dipatok sesuai ketentuan. Misalnya di Jakarta harga elpiji 3 Kg dijual Rp 16.000/tabung.

Sudirman mengatakan hal ini untuk menghindari konsumen membeli elpiji 3 Kg di pengecer atau toko kelontong yang harganya bisa melonjak tanpa kendali. Hal ini karena Pertamina selaku penyedia produk bersubsidi ini tak bisa mengawasi hingga ke tingkat pengecer di luar SPBU.


"Pemerintah atau Pertamina tidak mungkin menjadi polisi di setiap warung-warung kelontong yang menjual elpiji 3 Kg, yang bisa dilakukan pemerintah adalah imbauan. Kalau ditemukan di warung harganya melambung tinggi dan tidak wajar, beli di SPBU atau agen elpiji resmi Pertamina," ujar Sudirman Said di Kantor SKK Migas, Wisma Mulia, Jakarta, Kamis (26/2/2015).


Pemerintah sampai saat ini tidak ada rencana menaikkan harga elpiji 3 Kg. Kenaikan harga di tingkat pengecer sebelumnya terjadi karena permintaan elpiji 3 Kg terus naik pasca kenaikan harga elpiji 12 kg, sehingga menimbulkan kelangkaan.


"Tidak ada kenaikan harga elpiji 3 Kg, bahkan rencana pun tidak ada," ujar Sudirman.


Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran PT Pertamina Ahmad Bambang menegaskan, apabila ditemukan agen atau pangkalan elpiji 3 Kg resmi, yang menjual harga di luar ketentuan atau sengaja menahan pasokan, masyarakat bisa melaporkannya ke nomor telepon (021) 500.000.


"Kita siap beri sanksi tegas, PHK agen atau pangkalan yang nakal. Tapi kalau ada laporan ternyata setelah di cek memang pasokannya kurang, langsung kita kirimkan armada truk-truk elpiji untuk memasok sesuai kebutuhan masyarakat," kata Bambang.


Ia menambahkan, saat ini stok elpiji nasional mencapai 11 hari, mencakuo 4 hari stok ada di darat sedangkan 7 hari stok ada di laut (kapal dan storage).


"Itu lebih dari cukup. Stok elpiji aman. Tidak ada kenaikan, harga di Jakarta, Bogor, Depok dan sekitarnya Rp 16.000/tabung, di Lombok saja harganya Rp 18.000/tabung," ungkapnya.


"Saat ini Pertamina telah mewajibkan semua SPBU untuk menyediakan dan menjual elpiji 3 Kg, ini kita mulai dari Pulau Jawa dan diteruskan ke SPBU di daerah lainnya. Harganya sama seperti di agen resmi," tutup Bambang.


(rrd/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com