Tips Menang Bersaing dari Pengusaha Sukses yang Mulai Bisnis dari Gerobak

Jakarta -Bisnis Kebab Turki Baba Rafi kini sudah mendunia sebagai waralaba global. Padahal pemiliknya Hendy Setiono yang waktu itu berusia 19 tahun, di 2003 memulai bisnisnya dari sebuah gerobak sederhana di Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Hendi, dalam setiap bisnis, pasti tidak akan terlepas dari suatu persaingan. Apalagi bila bisnis yang dijalani mengalami kesuksesan. Maka akan muncul pesaing-pesaing baru yang berniat untuk mengikuti kesuksesan.


"Well, it’s a given off course, akan tetapi tentunya kita tidak harus pasrah dalam menyikapi hal ini," katanya.


Hendi mencoba memberikan beberapa tips yang bisa ditempuh untuk mempertahankan kesuksesan dan pangsa pasar dari bisnis:


1. Evaluasi Berkala

Lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui apakah usaha yang Anda lakukan sudah berada dalam track yang seharusnya. Evaluasi dapat dilakukan secara berkala. Dari evaluasi yang kita terapkan akan terlihat apakah sistem kita sudah berjalan dengan baik.


Apabila kita menemukan titik lemah dari usaha kita maka kita akan dapat mengetahui di mana letak permasalahannya dan dengan cepat mengambil langkah yang tepat, efektif dan efisien untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul.


Misalkan, mengapa omzet penjualan dari usaha yang kita jalankan tidak mengalami peningkatan, salah satu faktor yang bisa mempengaruhinya adalah lokasi yang strategis untuk berjualan.Next


(hen/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com