5 SPBU di Jakarta Jadi Tempat Uji Coba Alat Pengendali BBM Subsidi

Jakarta - Hari ini, lima lokasi SPBU di Jakarta bakal jadi tempat uji coba pemasangan alat pengendali konsumsi BBM subsidi yaitu RFID (Radio-frequency identification). Salah satu SPBU yang akan dipasang adalah di Jalan Abdul Muis.

"Hari ini akan dilakukan uji coba pemasangan RFID, ada lima tempat, salah satunya di SPBU Abdul Muis, rencananya jam 2 nanti kita kesana rencananya juga Pak Wamen (Wakil Menteri ESDM) ke sana juga," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Edy Hermantoro ketika ditemui pada acara 37th Indonesian Petroleum Association (IPA) di Jakarta COnvention Center, Jumat (17/5/2013).


Dikatakan Edy, uji coba ini berupa pemasangan RFID di nozel dan dispenser SPBU dan ada beberapa mobil yang dipasang RFID. "Pasangnya di nozel SPBU dan nanti ada beberapa kendaraan yang dipasang RFID, kita ingin tahu apakah bisa dengan alat itu bisa mencatat transaksi BBM, ini kita ingin tahu dulu," kata Edy.


Dengan alat tersebut BBM subsidi dibatasi?


"Alat itu satu kesatuan dari pengendalian BBM subsidi, tapi kita belum tahu apakah nantinya bisa ditetapkan. Jadi 0,7 liter/ hari konsumsi sepeda motor itu teorinya, tapi tentunya beda kalau konsumsinya di daerah seperti Jakarta yang padat, bagaiman dengan tukang ojeng, tentu konsumsinya masing-masing daerah berbeda," jelasnya.


(rrd/dnl)