Korea Selatan Punya 'Gangnam', RI Tak Boleh Kalah

Jakarta - Saat memberikan kuliah umum kepada ratusan alumni dan mahasiswa program pasca sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memuji kemajuan Korea Selatan dengan indentitas 'Gangnam'. Menurutnya Indonesia tak boleh kalah.

Gita membanggakan kemajuan perekonomian Korea Selatan saat ini, khususnya di sektor industri seperti mendunianya perusahaan Samsung saat ini.


"Saya pelajari negara Asia untuk bisa unggul di beberapa sektor strategis itu hanya Korea Selatan. Korea Selatan itu punya Gangnam," kata Gita dalam kuliah umum yang diadakan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Sabtu (18/5/2013).


Secara detil, menurut Gita, konsep Gangnam tidak hanya digunakan untuk budaya saja, namun untuk ekonomi dan teknologi Korea.


"Namun Gangnam itu bukan hanya budaya tetapi ketangguhan ekonomi dan teknologinya. Saya bilang ke Chairman Samsung dalam 20 tahun kemudian kita akan mandi dengan sabun dan shampo Samsung," jelasnya.


Gita berharap, Indonesia mempunyai identitas khas sama seperti Korea Selatan dengan Gangnam yang mendunia. "Mereka punya Gangnam kalau kita apakah itu dengan Gatot Kaca atau apalah. Yang penting bisa menopang sektor pertanian dan manufaktur," imbuhnya.


(wij/dnl)