Geser Miliuner Meksiko, Bill Gates Jadi Orang Terkaya Sejagad

Jakarta - Pendiri Microsoft Corporation, Bill Gates berhasil 'mencuri' takhta Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan Bill Gates berhasil meningkat 16% menjadi US$ 72,7 miliar atau Rp 685 triliun.

Demikian hasil dari Bloomberg Billionaire Index per Mei 2013 yang baru saja dirilis seperti dikutip detikFinance, Jumat (17/5/2013).


Sedangkan Carlos Slim sendiri, kekayaannya anjlok hingga 14% tahun ini. Salah satu faktornya, pemerintah Meksiko telah mengesahkan undang-undang yang dapat mengancam dominasi pasar telekomunikasi Meksiko yang dikuasai Carlos Slim. Aturan itu pula yang menghapus kekayaan bersih Carlos Slim hingga US$ 3 miliar.


"Ketika mereka membicarakan mengenai reformasi di sebuah negara yang secara umum miskin, posisi orang terkaya yang berada di posisi puncak bukanlah hal yang bagus," kata Managing Director Deltec Asset Management Greg Lesko.


"Carlos Slim memonopoli situasi pasar di Meksiko dengan cukup baik. Sementara konsumen telepon Meksiko membayar lebih mahal daripada seharusnya. Kami menghargai upaya Pemerintah Meksiko," imbuhnya.


Predikat orang terkaya di dunia sebelumnya memang dipegang oleh konglomerat asal Meksiko ini. Pada Januari 2013, ia memiliki kekayaan hingga US$ 77,9 miliar atau sekitar Rp 740,05 triliun. Melalui, American Movil, Carlos Slim menguasai pangsa pasar telekomunikasi Meksiko sebesar 70%.


Kini kekayaan Carlos Slim hanya US$ 72,1 miliar. Di sisi lain, saham Microsoft sudah melejit 28 persen di awal tahun ini, yang dipicu pengendalian biaya dan penjualan bisnis yang dilakukan perusahaan. Kekayaan Bill Gates juga kian membukit seiring kenaikan harga saham-saham yang dimiliki, termasuk di antaranya Canadian National Railway Co dan Republic Services Inc.


Sementara itu, di posisi ketiga orang terkaya dunia adalah Warren Buffet, pemilik Berkshire Hathaway Inc dengan nilai kekayaan US$ 59,7 miliar. Nilai kekayaan Buffet lebih besar US$ 3,7 miliar dari posisi keempat, Amancio Ortega, yang merupakan orang terkaya Eropa.


(dru/dnl)