Ini Beda PNS di China dengan Indonesia

Jakarta - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN) Eko Prasojo menyatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di China seluruhnya dijabat oleh orang-orang terbaiknya. Dengan kata lain dari total jumlah penduduknya, 1% dipilih orang terbaik untuk duduk di kursi pemerintahan.

"Birokrat di China itu adalah 1% seluruhnya orang-orang terbaik dari China," ungkap Eko usai seminar dengan topik 'Membangun Birokrat yang Berkualitas Melalui Perubahan' di Kantor BPKP, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2013).


Ia mengatakan, sebagai negara dengan perekonomian hanya maju, China memasang orang terbaik untuk menjaga birokrasi. Harusnya, menurut Eko, Indonesia melakukan hal yang serupa, mengingat tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara nomor 7 di dunia. Sampai saat ini yang duduk sebagai birokrat di Indonesia bisa siapa saja.


"Jadi 1 persen orang terbaik di Indonesia itu harusnya masuk di birokrasi, itu target kita," jawabnya.


Menurutnya hanya orang terbaik, yang dapat menghasilkan inovasi dan berdaya saing serta dinamis terhadap perubahan lingkungan strategis.


"Karena birokrasi sebagai bagian dari administrasi publik berperan sangat strategis dan kritikal dalam pencapaian tujuan-tujuan pembangunan," pungkasnya.


(dru/dru)