Bank BUMN Ini Berikan Gaji Rp 7 Juta Untuk Fresh Graduate

Jakarta - Perusahaan pelat merah atau BUMN, menjadi incaran para pencari atau pelamar kerja. Tingginya minat masyarakat untuk mendaftar karena didorong kinerja BUMN di Indonesia yang semakin cemerlang dan gaji besar.

Contohnya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang ternyata memberikan gaji hingga Rp 7 juta bagi fresh graduate atau mahasiswa yang baru saja lulus, yang jabatannya masuk struktur manajemen.


"BNI gajinya sekitar Rp 6-7 juta bagi fresh graduate," ungkap salah satu staf di BNI kepada detikFinance, Jumat (17/5/2013).


Di tempat terpisah, seorang staf di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyatakan, gaji fresh graduate untuk posisi struktural bisa mencapai Rp 5-6 juta per bulan.


"Kalau di BRI, gaji fresh graduate sekitar Rp 5-6 juta," ujarnya singkat.


Praktisi Manajemen Universitas Indonesia, Rhenald Kasali sebelumnya menjelaskan, BUMN besar seperti PT Pertamina (Persero), PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menawarkan gaji tinggi dan program pengembangan karir yang baik sehingga menarik orang untuk ramai-ramai mendaftar sebagai calon karyawan.


"BUMN besar itu kan gajingnya besar. Kalau kerja di Bank Mandiri pendapatannya lebih besar dari BCA. Sudah begitu karir mereka perkembangannya bagus, bahkan bisa dikembangkan sekolah ke luar negeri," tutur Rhenald.


Selain menawarkan gaji tinggi, BUMN besar sudah sangat fokus pada pengembangan karir dan pendidikan karyawannya. Setiap karyawan memiliki peluang untuk menjadi pimpinan. Hal ini menambah daya tarik para pencari kerja untuk mendaftarkan diri.


(dru/dnl)