Tak Perlu Perpres, Proyek Monorel Bekasi-Cawang-Cibubur Bisa Langsung Jalan

Jakarta - Rencana konsorsium BUMN pimpinan PT Adhi Karya Tbk membangun monorel rute Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan tak perlu menunggu peraturan presiden (Perpres).

Menko Perekonomian sekaligus Plt Menteri Keuangan Hatta Rajasa mengatakan, asal diizinkan oleh Menteri Perhubungan, proyek monorel ini bisa langsung jalan.


"Untuk apa Perpres itu? Wong kebijakannya ada di Pemda sendiri. Dari dulu juga pembahasan nggak perlu ada Perpres. Mau dibangun ya bangun saja, wong undang-undangnya sudah mengizinkan bahwa perusahaan swasta boleh membangun kereta api, asal diizinkan Menhub. Jalan saja," tutur Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (17/5/2013).


Hatta mengatakan, pelaksana proyek tinggal bekerjasama dengan Pemda setempat untuk pembangunan monorel ini. "Jangan banyak omong, kerja saja, lebih baik banyak kerja daripada banyak omong. Banyak jalan di Kalimantan nggak perlu Perpres-Perpresan. Monorel swasta dan Pemda jalan saja," kata Hatta


PT Adhi Karya Tbk bersama BUMN lain seperti PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT LEN, PT Telkom Tbk (TLKM) dan PT INKA terlibat dalam konsorsium BUMN pengusul monorel Jabodetabek. Untuk pembiayaan, akan didukung oleh perbankan BUMN seperti PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).


Tahap I, ADHI Cs akan menggarap monorel Jabodetabek rute Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Kuningan.


Mau lihat contoh monorel yang akan dipakai untuk proyek ini? Cek di sini.


(dnl/hen)