Dapat Tugas dari Dahlan, Bos BRI Jadi Guru Dadakan di Kampung Halaman

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan menerjunkan sebanyak 11 direksinya untuk mengajar di 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai dukungan atas “Gerakan Direksi Mengajar” yang dicanangkan oleh Kementrian BUMN.

Dari 11 direksi BRI, diantaranya termasuk Dirut BRI Sofyan Basir, yang kebagian mengajar di kampung halamannya Bogor yakni di SMA Negeri 1 Bogor. Sofyan sendiri merupakan alumnus SMAN 1 Bogor.


"Sebelas SMA yang akan menjadi tempat mengajar Direksi BRI antara lain SMA di Bogor, Sragen, Pangkah-Tegal, Boja-Semarang, Surabaya, Boyolali, Pare-Pare, Yogyakarta, dan Purwokerto," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/5/2013)


Ali mengatakan, manajemen perusahaan sangat mendukung gerakan ini sebab nantinya dapat memotivasi dan menginspirasikan siswa-siswi SMA. “Agar adik-adik kita ini, terpacu untuk meraih mimpinya masing-masing dimasa depan. Jadi mereka itu melihat langsung model untuk sukses itu seperti direksi-direksi ini,” ungkap Ali.


Materi yang nantinya disampaikan dititikberatkan pada riwayat hidup dan juga kisah sukses direksi hingga akhirnya berhasil mencapai posisi teratas di perusahaan. Kesuksesan ini tentunya ditunjang oleh semangat kerja keras, tekad kuat, dan integritas.


"Nilai-nilai semacam inilah yang BRI ingin tanamkan di kalangan generasi muda kita," katanya.


Sebelumnya Menteri BUMN Dahlan Iskan mewajibkan para direksi BUMN mengajar sebagai guru tamu dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2013. Ia beralasan, hal ini dilakukan demi memberi motivasi dan inspirasi bagi siswa-siswi SD, SMP hingga SMA. Langkah ini mengadopsi konsep mengajar dari Anies Baswedan.


"Tanggal 20 Mei, semua direktur BUMN harus mengajar di sekolah-sekolah. Ini terinspirasi seruan pak Anies Baswedan. Ternyata bagi anak-anak SD sampai SMA, inspirasi itu penting. Mereka bisa bayangkan jadi direktur dan direktur utama," tutur Dahlan pekan lalu.


Program mengajar oleh direksi dari 143 BUMN ini, akan dilakukan serentak di berbagai pelosok negeri.


(hen/hen)