Komentar The Fed Jegal Reli Wall Street

New York - Reli Wall Street akhirnya berhenti juga. Setelah berkali-kali cetak rekor, bursa Paman Sam harus melemah gara-gara komentar The Federal Reserve yang berencana menghentikan program stimulus pertengahan tahun nanti.

Tiga indeks utama di Wall Street berjalan dalam rentang yang sempit. Investor terpengaruh oleh data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan adanya perlambatan.


Gubernur Federal Reserve Bank of San Francisco, John Williams, melontarkan komentara bahwa program pembelian obligasi yang dilakukan bank sentral itu bisa dihentikan pertengahan tahun nanti. Pasar obligasi dinilai sudah bisa tumbuh sendiri tanpa bantuan pemerintah.


"Ketika Gubernur The Fed menyinggung kemungkinan ini, maka langsung memberi kekhawatiran di pasar karena tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi saat (stimulus) dicabut begitu saja," kata Tim Ghriskey, kepala investasi dari Solaris Group di Bedford Hills, New York, dikutip Reuters, Jumat (17/5/2013).


Selama ini, program pembelian kembali obligasi oleh The Fed senilai US$ 85 miliar sudah memberi efek yang signifikan di pasar. Salah satunya membuat Dow Jones dan S&P 500 berkali-kali cetak rekor.


Pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat, Indeks Dow Jones melemah 42,47 poin (0,28%) ke level 15.233,22. Indeks Standard & Poor's 500 berkurang 8,31 poin (0,50%) ke level 1.650,47. Indeks Komposit Nasdaq menipis 6,37 poin (0,18%) ke level 3.465,24.


(ang/ang)