Pagi-pagi, Gita Wirjawan Beri Kuliah Mahasiswa dan Alumni IPB di Hotel Hyatt

Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di pagi akhir pekan ini bergegas ke Hotel Grand Hyatt di Bundaran HI. Sejumlah mahasiswa dan alumni program pasca sarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) menunggunya.

Rupanya Gita menjadi pembicara dalam acara tahunan pelepasan mahasiswa program manajemen dan doktor IPB. Acara yang berlangsung pukul 09.00 WIB ini merupakan kuliah umum bertajuk 'Menghapus Distorsi Perdagangan Untuk Mendukung Daya Saing dan Kesejahteraan' terkait pasar bebas ASEAN.


Gita diberikan kesempatan khusus untuk memberikan kuliah kepada ratusan mahasiswa dan alumni lulusan IPB. "Integrasi ekonomi kawasan ASEAN berarti menciptakan pasar tunggal yang mencakup wilayah seluas 4,5 juta km persegi dengan populasi 608 juta jiwa," cetus Gita saat memberikan sambutan, Sabtu (18/5/2013).


Indonesia menurut Gita akan mengambil langkah-langkah yang mendorong terjadinya daya saing bagi produk barang dan jasa dalam negeri menjelang pasar bebas ASEAN diberlakukan pada 2015.


"Kebijakan yang akan disiapkan pemerintah untuk bagaiman mengeliminiasi distorsi perdagangan itu dan mewujudkan perdagangan yang adil," katanya.


Dalam kesempatan ini, Gita juga diberikan tugas khusus untuk melepas 163 orang alumni IPB yang lulus tahun 2012/2013 yang terdiri 133 orang lulusan MM dan 17 orang lulusan DMB. Dengan demikian jumlah lulusan IPB mencapai 2881 terhitung sejak tahun 1992.


(wij/dnl)