Wamen ESDM Sebut Subsidi BBM Rp 250 T Bisa Beli Krupuk se-Indonesia

Jakarta - Besarnya anggaran subsidi energi khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi momok bagi pemerintah. Sudah banyak yang berandai-andai, anggaran subsidi BBM yang mencapai ratusan triliun rupiah bisa digunakan ke hal-hal yang lain seperti infrastruktur jembatan, jalan dan lain-lain.

Bahkan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo punya andai-andai tersendiri. Menurutnya subsidi BBM sebesar Rp 250 triliun bisa dibeli makanan krupuk, yang bisa menutupi seluruh wilayah Indonesia.


"Subsidi BBM tahun ini sama dengan Rp 250 triliun kalau beli krupuk, seluruh Indonesia bisa tertutup sama krupuk itu," katanya disela-sela membuka SPBG Mampang Jakarta, Kamis (16/05/2013).


Menurutnya, pemerintah berupaya agar subsidi BBM tersebut tak semakin membengkak, berbagai upaya pengendalian akan dilakukan. Termasuk selain pengendalian ada juga upaya konversi penggunaan BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG).


"Kita (pemerintah) mendukung konversi BBM ke BBG karena pemerintah sangat serius," katanya.


Seperti diketahui, anggaran untuk subsidi BBM tahun ini mencapai Rp 193,8 triliun dan listrik mencapai Rp 78,63 triliun, jadi totalnya Rp 272,43 triliun. Apabila tidak dilakukan pembatasan konsumsi BBM, maka subsidi energi akan mendekati Rp 297 triliun atau jebol Rp 24,57 triliun.


(wij/hen)