Gita Wirjawan: Saya Nyaris Jadi Musisi

Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan terkenal juga memiliki hobi bermusik, khususnya musik jazz. Jauh sebelum menjadi menteri, Gita hampir saja terjun menjadi musisi.

"Saya juga nyaris jadi musisi," ujar Gita sambil tertawa saat berdiskusi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (17/5/2013).


Pria yang juga mantan pengusaha ini curhat, dirinya prihatin dengan maraknya praktik pembajakan musik di Indonesia saat ini. Sebagai orang yang hobi musik, Gita kecewa dengan tindakan pembajakan.


"Iya minimum mereka (musisi) melihat karyanya ada yang mengertilah. Merasakan perasaan mereka. Iya kan mereka sudah susah payah menciptakan lagu dan memproduksi sesuatu yang indah, tapi kok nggak diapresiasi.," imbuhnya.


Mmaraknya pembajakan, ujar Gita, pasti membuat para musisi menderita kerugian baik material maupun non material.


"Iya dong ini kan nggak jauh dari HP selundupan nilainya besarlah. Tidak ada angka pasti, tapi saya lihat ini kan musisi-musisi yang bisa jualan album resmi saja sampai 1 juta sampai 1,5 juta keping dalam setahun itu laku banget. Yang nggak laku juga ada, yang nggak dibajak saja segitu yang bajakan pasti akan lebih banyak dong. Atau kemungkinan besar lebih banyak. Nah itu dihitung saja. Bisa jutaan masing-masing karya," sahutnya.


(wij/dnl)