Orang Miskin Dapat 'Balsem' Rp 150 Ribu untuk 5 Bulan Saat BBM Naik

Jakarta - Pemerintah mengajukan pemberian bantuan langsung tunai yang namanya sekarang bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM/Balsem) Rp 150 ribu/bulan, selama 5 bulan. Ini diberikan pasca harga BBM subsidi dinaikkan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan, selain Balsem, program kompensasi kepada rakyat miskin adalah beras miskin (raskin), program keluarga harapan (PKH), dan beasiswa miskin (BSM).


"Besaran dana kompensasinya per bulan Rp 150 ribu selama 5 bulan ini kan diusulkan. Ini konsisten ke rumah tangga sasaran. Kalau yang individu itu BSM. Yang harus dilihat ini satu kesatuan yang satu paket," tutur Armida di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (17/5/2013).


Rencananya, akan ada 15,5 juta rumah tangga sasaran yang bakal mendapatkan 'Balsem' ini. Seluruh paket kompensasi untuk orang miskin ini anggaran totalnya mencapai Rp 29,6 triliun, yang akan diajukan kepada DPR dalam bentuk RAPBN-P 2013. Jika kompensasi disetujui, harga BBM subsidi langsung naik.


Untuk "Balsem', total anggarannya adalah Rp 12 triliun. Selain itu akan ada tambahan raskin selama 3 bulan, lalu PKH dan BSM juga akan ditambah dananya.


(dnl/hen)