Ini Dia Perusahaan Terbesar dan Termahal se-Asia

Tokyo - Toyota berhasil menyalip Samsung Electronics asal Korea Selatan menjadi perusahaan terbesar dan termahal di Asia berdasarkan kapitalisasi pasar. Saham raksasa otomotif asal Jepang itu sudah melonjak dua kali lipat dalam satu tahun terakhir.

Seperti dikutip dari AFP, Kamis (16/5/2013), pada pembukaan perdagangan pagi tadi, total kapitalisasi pasar Toyota menembus 21,89 triliun yen (Rp 2.033 triliun), berhasil mengalahkan nilai produsen ponsel Galaxy yang sebesar 20,26 triliun yen.


Saham Toyota pada perdagangan kemarin ditutup di level 6.440 yen, naik dua kali lipat dibandingkan penutupan perdagangan satu tahun lalu pada tanggal yang sama, yaitu sebesar 3.165 yen.


Meski sempat naik turun selama satu tahun terakhir, tapi saham produsen mobil Corolla dan Camry itu masih dalam tren menguat. Hal ini didorong juga dengan laba perusahaan yang naik tiga kali lipat di akhir 2012 lalu.


Sebelumnya, Samsung sudah menyalip nilai kapitalisasi pasar Toyota pada 2011 silam. Pasalnya, saat itu nama Samsung langsung melejit setelah adanya persaingan terbuka dengan raksasa elektronik asal Amerika Serikat (AS), Apple Inc.


(ang/dnl)