35 Tower Rusun Sewa Rp 50 Ribu/Bulan Dibangun Untuk Buruh Lajang

Jakarta - Kementerian Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan 35 tower rumah susun sewa (rusunawa) untuk pekerja lajang tahun ini. Bakal ada 15 ribu pekerja lebih yang bisa ditampung di rusunawa ini.

"Jadi di seluruh Indonesia kita bangun 35 tower tahun ini. Anggarannya 1 tower Rp 16 miliar. Daya tampungnya 616 dikali 35, jadi dapatnya 15 ribu lebih," ujar Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz di acara groundbreaking Rusunawa Rawa Bebek, Jakarta, Selasa (2/7/2013).


Djan menyatakan, tower ini akan dibangun dekat dengan tempat buruh bekerja. Lewat rusunawa tersebut, lanjut Djan, para buruh dapat hidup lebih sejahtera karena mereka bisa berhemat.


"Lahannya tersebar, punya Pemda. Ini program pemerintah untuk menyejahterakan pekerja, sehingga mengurangi biaya transportasi mereka dan mengurangi biaya sewa rumah mereka," jelasnya.


"Sewa rumah kan sekarang Rp 400-500 ribu, transportasi juga Rp 400-500 ribu, uangnya habis minimal Rp 800 ribu-Rp 1 juta untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Ini kan cuma Rp 50 ribu, jadi banyak uang yang dikirim ke kampung, jadi lebih makmur," tambahnya.


Djan mengharapkan seluruh tower ini bisa selesai dalam 6 bulan sehingga pada awal tahun mendatang bisa digunakan. "Selesainya 6 bulan sampai Desember," katanya.


(nia/dnl)