Ekspansi ke Malaysia, Mandiri Sekuritas Terbitkan Obligasi Ringgit

Kuala Lumpur - Mandiri Sekuritas terus mencoba memperluas jaringan pasarnya di regional. Anak usaha Bank Mandiri tersebut melakukan kerjasama penerbitan obligasi ringgit (MYR Bonds) bersama RHB Investment Bank Berhard (RHBIB).

"Ke depan, kami akan terus memperkuat jaringan layanan kami agar dapat terus melakukan penetrasi pasar dengan menjangkau lebih banyak nasabah, baik di dalam maupun luar negeri," kata Direktur Utama Mandiri Sekuritas Abiprayadi Riyanto dalam penandatanganan kerjasama dengan RHB Investment Bank Berhard di Hotel Westin, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (3/7/2013).


Mandiri Sekuritas menjalin kesepakatan kerjasama dengan RHBIB untuk menerbitkan dan mendistribusikan MYR Bonds sejumlah nasabah korporat Mandiri Sekuritas di Indonesia kepada para investor di Malaysia. Selain itu, Mandiri Sekuritas dan RHBIB juga akan menyediakan konsultansi finansial kepada mereka. Penandatangan kerjasama akan berlaku efektif hingga 12 bulan kedepan (Juli 2014).


"Kerjasama ini akan berlaku efektif hingga 12 bulan kedepan (hingga Juli 2014)," ujar Abi.


Kerjasama ini juga merupakan salah satu strategi Mandiri Sekuritas untuk mempertahankan posisi penjaminan emisi saham dan obligasi terbesar di Indonesia, dengan target penjaminan emisi 10 IPO & 20 obligasi senilai total Rp 11-12 triliun.


Pada hari yang sama, Mandiri Sekuritas juga membuka peluang pendanaan syariah dari AIBIM untuk nasabah korporat Mandiri Sekuritas di Indonesia. AIBIM menaungi 23 bank anggota yang terdiri dari 11 bank domestik, 2 institusi finansial, serta 10 bank asing yang beroperasi di Malaysia. Saat ini, perbankan syariah di Malaysia menguasai 25% dari keseluruhan sektor perbankan di Negara tersebut.


"Kami optimistis perbankan syariah Malaysia memiliki komitmen yang kuat untuk mendorong dan memberbesar cakupan pendanaan syariah di dunia," ungkap Abiprayadi.


(rna/dnl)